Articles

Beberapa jenis filter dan kegunaanya

In fotografi on August 12, 2009 by activelow Tagged:

Mentok dengan budget yang ada buat nambah lensa, kali ini saya mau coba-coba maenan filter aja. Selain harganya yang masih terjangkau untuk ukuran kantong seorang buruh seperti saya, denger denger efek yang dihasilkan juga lumayan terasa. Belom sempet beli juga sih, baru browsing jenis jenis nya dan kegunaannya. sekalian aja saya share disini sapa tau anda beminat juga.

lens filter

Filter (Ukurannya disesuaikan dengan diameter front lensa)

UV (Ultraviolet)= Dulu waktu masih film berguna untuk block sinar utra violet, sekarang pada generasi digital sinar UV sudah di blok di hot mirorr jadi saat ini fungsi tinggal melindung lensa pertama dari jahilnya debu, tangan, iler dll

ND (Neutral Density)= berguna untuk menurunkan intesitas sinar yang masuk ke Sensor ( istilah menurunkan Stop ), berapa stop yang turun tergantung kepekatan filter ( ada ND 4, ND 8, ND 400 ND 1000 ) untuk berapa stop yang diturunkan bisa menggunakan rumusan berikut:

ND X -> 2y= X, maka Y adalah nilai turunnya stop, contoh ND 4 -> 22 = 4 maka filter ND 4 dapat menurunkan 2 stop atau 23 = 8 maka ND 8 dapat menurunkan sebanyak 3 stop, yang laennya itung sendiri ya. ( kalau nggak punya filter ND bisa pakai kaca Nako rayben atau dipasangi kaca film hasilnya tak kalah bagusnya)

PL/CPL (Circular Polarize)= berfungsi untuk memblok sinar dari arah tertentu sehingga sinar yang mengganggu tidak ikut tertangkap oleh sensor, dampaknya gambar yang ditangkap bisa lebih kinclong karena tidak ada sinar yang menganggu. Karena arah sinar bisa dari mana saja maka muncullah type CPL ( C=Circular ) bisa diputer-puter sehingga kita bisa memilih sinar dari arah mana yang akan di block. Untuk Filter Circular Polarize atau CPL itu biasanya digunakan ketika memotret landscape yang efeknya bisa membirukan warna langit. Namun syaratnya kondisi langit pada saat pemotretan harus sudah biru. Fungsi kedua dari CPL ini adalah untuk digunakan menghilangkan refleksi, contoh ketika memotret etalase toko dapat menggunakan filter ini agar bayangan si pemotret tidak nampak. Bisa juga untuk memotret objek di dalam ruangan kaca agar tidak ada pantulan sinar.

Filter warna = untuk memberikan efek warna dari hasil pemotretan kita ( tergantung selera, misal sore kayaknya bagus kalau warnanya kuning pasang filter warna kuning ) untuk typenya banyak banget.

Dan masih banyak lagi filter-filter lainnya.

Sumber: (Sebagian dicomot dari http://www.kfsemarang.com/, gambar dari google)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: