Articles

Lensa Helios 44M dengan Swirly Bokeh nya

In fotografi on April 27, 2012 by activelow Tagged: ,

Sudah lama nggak ngeblog karena ngurusin jualan disini. Sebelum pulang kantor iseng nulis sesuatu tentang lensa lawas buatan Rusia ini, ya Helios dengan beberapa versi yang berbeda untuk mount jenis M42. Versi helios yang sudah pernah saya coba adalah Helios 44-2, Helios 44M, Helios 44M-4. dari ketiga versi Helios ini menurut saya untuk Helios 44-2 hasilnya soft / kurang tajam, sedangkan Helios 44M dan 44M-4 memiliki karakter yang hampir sama, cukup tajam untuk ukuran lensa di kelasnya. Hal lain yang membuat saya tertarik akan lensa ini adalah dengan harga yang relatif murah, lensa ini memiliki karakter pada bokeh nya, yaitu swirly bokeh. Kata orang, lensa ini merupakan hard copy dari lensa Carl Zeiss Biotar yang memang memiliki karakter swirly bokeh. Berikut salah satu foto menggunakan lensa Helios 44M:

 

Terlihat bagian out of focus pada background yang membuat pola melingkar. Efek swirly yang terlihat memang ada walaupun kurang swirly menurut saya. Kapan-kapan saya coba eksperimen  lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih swirly sambil menunggu lensa Helios 44-3 (Katanya yang terbaik diantara helios mount M42 range focal 58mm).  InsyaAllah hasilnya akan saya share lagi. Sekarang saatnya pulang😀

Leave a Reply

