Articles

Stek pohon bidara

In berkebun, Uncategorized on June 22, 2020 by activelow Tagged: , , , , , , , ,

Pohon bidara dalam pot

Dirumah kami terdapat pohon bidara yang ditanam dalam pot plastik berdiameter sekitar 40 cm. Awalnya pohon ini didapat dengan cara stek batang, dari ranting bidara yang diberi oleh seorang teman. Dari ranting yang hanya sepanjang 20 cm, kini pohon bidara saya sudah menjulang tinggi hingga 1 meter tapi karena dirasa sudah terlalu tinggi maka bagian atas saya potong dengan menyisakan batang bawah setinggi 60 cm saja. Nah, daripada ranting bidara hasil potongan tadi dibuang, saya akan mencoba memperbanyak pohon bidara ini dengan stek batang.


Ranting pohon yang berdiameter diatas 3mm saya potong-potong dengan panjang 15cm, kemudiang sambil menyiapkan media tanam, potongan ranting tersebut saya rendam terlebih dahulu di dalam gelas yang berisi air dicampur tumbukan bawang merah. Harap diperhatikan, saat merendam ranting jangan terbalik ya, posisi atas dan bawah batang nya, yang direndam bagian bawah nya kira-kira setengah nya saja yang tercelup. Mengapa bawang merah? Karena bawang merah mengandung beberapa hormon pertumbuhan tanaman yang diharapkan dapat merangsang pertumbuhan akar pada stek batang bidara. Media yang saya gunakan adalah campuran kompos, sedikit tanah dan sekam padi. Media campuran tersebut saya masukkan dalam polibag ukuran 12x12cm.
Setelah media dalam polibag siap, tancapkan potongan ranting yang sudah direndam tadi kira-kira setengah nya kedalam media tanam.

Stek batang bidara dalam polybag

Siram dengan sedikit air agar kelembaban media terjaga kemudian letakkan polibag di tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari langsung. Tutupi ranting tersebut dengan plastik untuk mengurangi penguapan ranting agar tidak mudah kering, disini saya menggunakan plastik es lilin.

Sungkup dengan plastik mengurangi penguapan

Siram media 2 hari sekali untuk menjaga kelembaban. Dalam waktu sekitar seminggu, insyaAllah akan muncul tunas baru pada ranting yang di stek tersebut. Setelah tunas menjadi daun dan susah berjumlah 3 lembar, buka sungkup plastik, tapi tetap letakkan polibag di tempat yang teduh.

Tunas muncul dari batang stek

Tanaman bisa diletakkan di tempat terbuka jika sudah memiliki daun tua namun tetap diperhatikan kelembaban media dengan melakukan penyiraman minimal 2 hari sekali. Cukup mudah kan memperbanyak pohon bidara.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Silakan tinggalkan komentar untuk pertanyaan, kritik ataupun saran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: